Senin, 04 Juli 2016

Berbagai Faktor yang Bikin Gigi Jadi Berwarna Kuning atau Kecokelatan

Jakarta, Memiliki gigi berwarna kuning bisa membuat seseorang merasa malu dan tidak percaya diri. Lantas, apa sebabnya gigi tidak berwarna putih dan justru berwarna kuning atau cokelat?

Berbagai Faktor yang Bikin Gigi Jadi Berwarna Kuning atau Kecokelatan
Menurut Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD dari RS Pondok Indah, penyebab gigi kuning dikarenakan dua faktor, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. "Faktor intrinsik dikarenakan mengonsumsi obat-obat tertentu," ucap Prof Heriandi.

Selain akibat konsumsi obat, ia juga menambahkan bahwa gigi dapat berubah warna kerena mengalami gigi mati. Nah, kondisi gigi mati dikatakan Prof Heriandi dapat disembuhkan dengan perawatan akar gigi.

"Sedangkan faktor ekstrinsik terjadi karena makanan atau minuman misalnya kopi atau teh. Namun mengonsumsi rokok juga dapat menyebabkan warna gigi berubah," ujar Prof Heriandi kepada detikHealth.

"Perubahan warna akibat faktor intrinsik bisanya dari kuning hingga kecokelatan. Sedangkan perubahan warna akibat faktor ekstrinsik bisa menjadi hitam karena karang gigi yang menempel semakin tebal," sambungnya.

Sedangkan, Prof Heriandi menekankan bahwa gigi yang berwana kuning tidak berbahaya untuk kesehatan mulut. Hanya saja, kondisi gigi yang berwarna kuning bisa mengurangi keindahan pada mulut dan dapat menyebabkan gangguan sosial seperti kurang percaya diri.

Tapi, ada juga perubahan warna gigi akibat jarang menyikat gigi. Jika ini yang terjadi, baiknya segera ubah kebiasaan sehingga Anda lebih rajin lagi menyikat gigi. Sebab, seperti diketahui jarang menyikat gigi bisa membuat bakteri berkembang dan timbul iritasi yangd apat memicu gigi bolong.


Sumber : http://health.detik.com/read/2016/07/05/100854/3248430/763/berbagai-faktor-yang-bikin-gigi-jadi-berwarna-kuning-atau-kecokelatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar